EFISIENSI BIAYA PRODUKSI DENGAN METODE ACTIVITY BASED MANAGEMENT (ABM)



EFISIENSI BIAYA PRODUKSI DENGAN METODE ACTIVITY BASED MANAGEMENT (ABM)
Siti Eka Fariyani
Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi,
Universitas Gunadarma

ABSTRAK
Persaingan global yang semakin tajam menyebabkan karakteristik lingkungan bisnis yang dihadapi oleh manajemen adalah dinamis dan perubahan yang pesat. Untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, suatu perusahaan harus dapat mencapai tujuannya yaitu memperoleh laba maksimal. Efisiensi biaya mempunyai arti penting bagi perusahaan dalam mempertahankan keberadaannya di dunia bisnis, juga dalam upaya menghadapi persaingan global yang semakin tajam.
Tujuan manajemen berbasis aktivitas atau Activity Based Management adalah untuk
improvement secara berkelanjutan terhadap customer valuedan penghilangan pemborosan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode perhitungan Activity Based Costing (ABC) dan metode analisis Activity Based Management (ABM).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan Activity Based Management (ABM) perusahaan dapat menghemat biaya hingga 15,7%. Oleh karena itu, pihak manajemen perlu menerapkan Activity Based Management untuk mengeliminasi aktivitas-aktivitas tidak bernilai tambah tersebut, sehingga akan tercapai efisiensi biaya produksi.
Kata Kunci: Activity Based Management (ABM)



Download Jurnal (putusuardiana.blogspot.com)


No comments:

google.com, pub-2435098089246002, DIRECT, f08c47fec0942fa0
User-agent: Mediapartners-Google Disallow: User-agent: * Disallow: /search Allow: / Sitemap: https://putusuardiana.blogspot.com/sitemap.xml