25 Desember 2014

Jurnal Ilmiah Gratis Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

Setiap mahasiswa, dosen, peneliti dan praktisi akademis akan selalu berhubungan dan membutuhkan refrensi dan literatur baik berupa buku, jurnal, majalah, ebook, dll. kali ini saya akan sampaikan  cara mendapatkan jurnal gratis dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) yang bisa didapatkan secara gratis.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)


Untuk menjadi anggota Perpusnas, silahkan lakukan pendaftaran secara online melalui http://keanggotaan.pnri.go.id, atau dengan mengunjungi gedung layanan Perpusnas di Jalan Salemba Raya 28 Jakarta Pusat / Jalan Merdeka Selatan 11 Jakarta Pusat.

Bagaimana cara mendapatkan akses jurnal-jurnal internasional lewat PNRI, silakan ikuti cara-cara berikut:

1. Daftarkan diri Anda sebagai anggota PNRI melalui tautan: http://keanggotaan.pnri.go.id/daftar.aspx. Semua tabel yang bertanda * wajib diisi. Dan, meskipun kolom “alamat email” tidak bertanda *, sebaiknya bagian ini tetap diisi.
1
2. Setelah melengkapi semua tabel isian, klik pada kotak kecil di samping tulisan “Saya menyatakan data yang diisi benar dan dapat dipertanggungjawabkan, serta setuju untuk mentaati segala peraturan Perpustakaan Nasional RI”. Setelah itu, klik DAFTAR.
2
3. Anda akan mendapatkan ucapan selamat berikut nama serta nomor anggota, seperti gambar di bawah ini. Sekedar saran, salin Nama dan Nomor Anggota dan simpan di program pengolah teks di komputer/laptop Anda. Ini dimaksudkan sebagai tindakan antisipasi jika suatu saat terjadi kelupaan yang sudah menjadi sifat dasar manusia.
3
4. Buka tautan ini http://e-resources.pnri.go.id/, lalu klik “Registrasi Akun”. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman pengisian form, seperti gambar di bawah ini:
4
5. Isilah semua tabel yang tersedia. Lalu, klik “Register”.
5
Pihak PNRI akan melakukan proses verifikasi terhadap pendaftaran yang Anda ajukan. Silakan tunggu email oleh pengelola PNRI yang berisi pemberitahuan bahwa akun Anda telah aktif. Pengalaman saya, di hari kerja, proses verifikasi di sini tidak sampai 1 kali 24 jam.
Setelah mendapatkan email pemberitahuan status akun Anda, silakan masuk kembali ke halaman http://e-resources.pnri.go.id, masukkan “Username” dan “Password” Anda, dan nikmatilah pengalaman berselancar ke beragam publikasi jurnal dan buku internasional melalui sejumlah database yang dilanggan oleh PNRI.

Sumber: http://ahsanology.com

11 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | coupon codes