Membuat Judul Skripsi Yang Baik

Bagian awal dalam skripsi adalah judul, membuat judul penelitian atau skripsi sebenarnya tidaklah sulit karena judul akan mengikuti alur dari penelitian tersebut jika proses penelitian dilakukan dengan benar. Namun beberapa kasus memiliki kondisi berbeda ketika kita dituntut untuk mengajukan judul terlebih dahulu. Berikut merupakan tata cara dan aturan penulisan judul yang penulis ambil dari beberapa sumber dan merupakan pengalaman penulis dalam penyusunan skripsi:
  1. Judul dibuat dengan kalimat yang singkat jelas.
  2. Menunjukkan variabel yang diteliti.
  3. Menunjukkan masalah yang diteliti 
  4. Menunjukkan tempat penelitian yang jelas.
  5. Dibuat dengan bentuk piramida terbalik.
  6. Judul mengandung “apa yang akan di rencanakan, dianalisis, dibuat, dikembangkan, oleh peneliti.
  7. Judul mengandung “metode apa yang akan digunakan peneliti dalam risetnya”
  8. Mencantumkan “nama” objek dan “kota” objek. Bila tidak menggunakan objek penelitian, maka dari judul terlihat kepada siapa hasil penelitian tersebut dapat di implementasikan.
  9. Judul skripsi yang kita buat harus mencerminkan isi keseluruhan skripsi
  10. Usahakan judul skripsi yang dibuat menjawab pertanyaan ataupun menawarkan sebuah jawaban.
  11. Hendaknya judul skripsi pun dibuat dengan memperhatikan jumlah kata yang efektif dalam tata cara penulisan skrisi (ingat setiap perguruan tinggi ada beberapa hal yang berbeda dalam penulisannya) sehingga judul dapat di mengerti oleh pembahas.
  12. Judul skripsi pun di buat dengan mempertimbangkan berita atau keadaan yang lagi tren di setiap jurusan yang anda dalami.
  13. Rangkailah kata-kata atau judul sehingga membentuk satu kesatuan yang menarik
  14. Sebaiknya judul skripsi atau penelitian dibuat yang baru, artinya belum ada yang menggunakan namun variabel-variabel penelitian sudah ada yang meneliti, hal ini bertujuan agar ada landasan teori yang kuat untuk mendukung penelitian yang dilakukan.
Kalau masih bingung dengan judul yang akan dibuat, maka dapat dikonsultasikan kepada dosen masing-masing dan bisa di lihat contoh judul penelitian di web penyedia jurnal atau di google scolar. Namun perlu diingat bahwa format penulisan judul akan berbeda di masing-masing universitas.
Berikut beberapa contoh judul yang mungkin bisa dijadikan refrensi dan acuan dalam penulisan skripsi maupun penelitian yang dilakukan:




PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. UTAMA DI KABUPATEN JEMBRANA

 ANALISIS PENGARUH VARIABEL EARNING PERSHARE (EPS), PRICE EARNING RATIO (PER), RETURN ON ASSET (ROA) DAN RETURN OF EQUITY (ROE) TERHADAP HARGA SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN TEKSTIL YANG LISTING DI BEJ PERIODE 2011-2014)

PENGARUH KERAGAMAN PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM MEMANFAATKAN PRODUK PT. UTAMA .TBK. (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS WARMADEWA DENPASAR)

PENGARUH ELEMEN-ELEMEN BRAND EQUITYTERHADAP NIAT PEMBELIAN KEMBALI PRODUK BATERAI ABC ALKALIN DI KOTA DENPASAR 

PENGARUH PENGGUNAAN CELEBRITY ENDORSER JORGE LORENZO SEBAGAI MODEL IKLAN TERHADAP BRAND IMAGE PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA DI KOTA DENPASAR
 
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN FINANSIAL INSENTIF TERHADAP KEPUASAN KARYAWAN PADA RUMAH SAKIT UMUM PURI RAHARJA DENPASAR

 ANALISIS FAKTOR - FAKTOR PERILAKU KONSUMEN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH KREDIT USAHA RAKYAT PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG DENPASAR GAJAH MADA

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI HANDPHONE MERK IPHONE DI PT. ……….

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN WINE BAREFOOT SAUVIGNON BLANC PADA CV. BALI INDAH DI DENPASAR

PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP PENJUALAN JASA PRINTING PADA PT. TOHPATI GRAFIKA

 ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN JASA PEMBBIAYAAN KENDARAAN BERMOTOR PADA PT. ADIRA DINAMIKA MULTI FINANCE CABANG DENPASAR

 PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) WANGAYA DENPASAR

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK SINARMAS KC. DENPASAR


1 comment:

  1. Hi, Really great effort. Everyone must read this article. Thanks for sharing.

    ReplyDelete

google.com, pub-2435098089246002, DIRECT, f08c47fec0942fa0
User-agent: Mediapartners-Google Disallow: User-agent: * Disallow: /search Allow: / Sitemap: https://putusuardiana.blogspot.com/sitemap.xml